Menu
Info Sekolah
Rabu, 05 Nov 2025
  • Web KBM ID dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Web KBM ID dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Informatika SMA Kelas X Bab 1

Terbit : Minggu, 28 September 2025

Disusun oleh:

Andri, S.Kom

Guru Informatika SMAN 66 Jakarta



MODUL INFORMATIKA KELAS X

Mata Pelajaran: Informatika

Fase / Kelas: E / X (Sepuluh)

Semester: Ganjil

Alokasi Waktu: 3 JP (3 x 45 menit)

Topik Utama: Informatika dan Keterampilan Generik

Kata Kunci: Generic Skills, Kolaborasi, Komunikasi, Perencanaan Kerja, Infografis.

Identifikasi Kesiapan Murid (Pre-Assessment)

Diambil dari Pertanyaan Pemantik (BS Hal. 1 & BG Hal. 40)

  • Kapan terakhir kali kalian bekerja dalam kelompok dan presentasi?
  • Apakah kalian melakukan kesepakatan sebelum mulai mengerjakan tugas?
  • Apakah lebih menyenangkan dibandingkan jika kerja sendiri?
  • Apakah presentasi kalian menarik?

Apersepsi: Wawasan mengenai pengembangan artefak komputasional yang kompleks (misalnya aplikasi Android/Instagram) sebagai hasil pekerjaan tim yang terencana dengan baik. (BG Hal. 39)

Karakteristik Materi Pelajaran

Materi ini berfokus pada **Generic Skills (Keterampilan Generik)** yang menjadi dasar bagi semua profesi masa depan, menekankan bahwa Informatika adalah bidang ilmu luas yang menjadi dasar inovasi di era digital (Industri 4.0/Masyarakat 5.0). Materi ini wajib dikuasai sebelum masuk ke elemen Informatika lainnya.

  • **Elemen CP yang Relevan:** Informatika dan Kemampuan Umum (IKU), Berpikir Komputasional (BK). (BG Hal. 38)
  • **Praktika Inti:** Bekerja dalam kelompok, Mengomunikasikan hasil kerja.

Desain Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Relevan (BG Hal. 38)

IKU: “Peserta didik mampu mengenal berbagai bidang pengetahuan informatika… Mereka juga mampu memahami peran informatika dalam memecahkan masalah sehari-hari dan mengembangkan potensi diri di masa depan.”

BK: “Peserta didik mampu menerapkan strategi berpikir komputasional untuk memecahkan berbagai persoalan dengan logika, abstraksi, dekomposisi, dan algoritma.”

Tujuan Pembelajaran (TP) (BG Hal. 38 & BS Hal. 1)

  1. Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik dan efektif.
  2. Berkolaborasi dalam tim untuk melaksanakan tugas dengan pembagian peran yang adil dan efisien.
  3. Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi (misalnya infografis) dengan baik dan efektif.

Lintasan Disiplin Ilmu yang Relevan (BG Hal. 38)

Materi Informatika dan Generic Skills ini merupakan materi dasar yang mestinya dipahami sebelum masuk ke materi berikutnya, karena materi berikutnya banyak menggunakan aktivitas kelompok dan mengomunikasikan hasil pekerjaan dalam bentuk presentasi dan visualisasi.

Pemahaman Bermakna (BS Hal. 2-5)

  • Informatika adalah bidang ilmu yang luas dan menjadi dasar berbagai inovasi di era digital.
  • Keterampilan generik (kolaborasi, perencanaan, komunikasi) adalah kunci keberhasilan di masa depan, terutama dalam pengembangan produk yang kompleks.
  • Pekerjaan yang kompleks membutuhkan kerja sama tim yang baik dengan pembagian tugas dan peran yang jelas.
  • Kemampuan mengomunikasikan ide atau hasil kerja secara lisan, tertulis, dan visual akan mempermudah penerimaan informasi.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Kolaborasi: Bekerja sama secara efektif, menghargai kontribusi.
Penalaran Kritis: Berpikir logis, analitis, dan reflektif dalam pemecahan masalah.
Kreativitas: Berpikir inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mencari solusi unik.
Kemandirian: Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajar, mengambil inisiatif.
Komunikasi: Menyampaikan ide dan berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi.

Kerangka Pembelajaran Mendalam (BG Hal. 43, Dokumen Pemb. Mendalam)

Praktik Pedagogis

  • **Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL):** Mensimulasikan perencanaan proyek dan presentasi.
  • **Pembelajaran Berpusat pada Siswa (SCL):** Siswa menjadi aktor utama, didorong untuk mandiri dan berkreasi.
  • **Pembelajaran Berbasis Inkuiri (IBL):** Eksplorasi mandiri (misalnya mencari contoh infografis yang baik).

Mitra Pembelajaran

Lingkungan Satuan Pendidikan: Mendorong **peer-teaching** dalam kelompok (murid mahir membantu rekan lainnya).

Pemanfaatan Teknologi Digital

Sebagai alat presentasi (proyektor) dan (potensial) untuk mendesain infografis atau mencari sumber belajar digital.

Langkah-Langkah Pembelajaran Berdiferensiasi (3 JP)

A. Pendahuluan (15 menit)

  • **Apersepsi:** Wawasan tentang pengembangan artefak komputasional (BG Hal. 39).
  • **Pertanyaan Pemantik:** Mengajukan pertanyaan untuk membangkitkan rasa ingin tahu (BS Hal. 1).

B. Kegiatan Inti (110 menit)

  • **Sesi 1 (Memahami & Mengaplikasi):** Mengenal Informatika, Pengantar Generic Skills, dan Aktivitas GS-K10-01-U (Berbagi Tugas dan Peran).
  • **Sesi 2 (Memahami & Mengaplikasi):** Perencanaan Kerja Kelompok (Aktivitas GS-K10-02-U) dan Pengomunikasian Hasil Kerja (Infografis/Presentasi).

C. Penutup (5 menit)

  • **Refleksi:** Mengevaluasi proses dan hasil melalui pertanyaan reflektif (BS Hal. 22).
  • **Tindak Lanjut:** Motivasi dan penegasan bahwa penilaian akan dilakukan di bab lain. (BG Hal. 44).

Asesmen Pembelajaran (BG Hal. 44 & BS Hal. 17-18)

1. Asesmen Awal (Diagnostik): Pertanyaan Pemantik/Diskusi singkat untuk mengukur pengetahuan awal tentang kerja kelompok.

2. Asesmen Proses (Formatif): Observasi saat aktivitas GS-K10-01-U dan GS-K10-02-U (Menilai perencanaan kerja, pembagian peran, efisiensi strategi, penalaran kritis). Dilakukan melalui penelaahan Lembar Kerja Siswa.

3. Asesmen Akhir (Sumatif): **TIDAK ADA.** “Penilaian akan diberikan pada bab lain sebagai elemen pengetahuan Informatika.” (BG Hal. 44).

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar