Menu
Info Sekolah
Rabu, 05 Nov 2025
  • Web KBM ID dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
  • Web KBM ID dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Informatika Kelas X Bab 1

Terbit : Minggu, 28 September 2025







Dasbor Modul Ajar

Informatika – Bab 1

Skenario Kegiatan Pembelajaran

Alur aktivitas belajar mengajar selama 90 menit.

A. Pendahuluan (10 menit)

Pembukaan (2 menit)

Salam, kondisikan kelas, periksa kehadiran, sampaikan tujuan pembelajaran.

Apersepsi & Video Motivasi (5 menit)

Tayangkan video “The Power of Teamwork” dan kaitkan dengan pengembangan artefak komputasional (aplikasi kompleks).

Buka Video ↗

Pertanyaan Pemantik (3 menit)

Ajukan pertanyaan: “Kapan terakhir kali bekerja dalam kelompok? Apakah ada kesepakatan sebelum mulai?”

B. Kegiatan Inti (75 menit)

Sesi 1: Kolaborasi (35 menit)

Memahami Informatika (15 menit)

Jelaskan ringkasan Informatika, Komputasi, dan relevansinya di era Industri 4.0, singgung konsep *Deep Learning*.

Pengantar Keterampilan Generik (5 menit)

Jelaskan fokus Bab 1 pada *generic skills* dan manfaat kerja kelompok.

Aktivitas GS-K10-01-U (15 menit)

Siswa berkelompok membuat pembagian tugas & peran untuk acara “pelantikan OSIS” menggunakan LKS 1.

Sesi 2: Perencanaan & Komunikasi (40 menit)

Memahami Perencanaan & Komunikasi (5 menit)

Jelaskan pentingnya perencanaan dan perkenalkan Presentasi serta Infografis.

Aktivitas GS-K10-02-U (20 menit)

Siswa memilih satu tugas (misal: maket komputer) dan mengisi instrumen perencanaan kegiatan (LKS 2).

ICE BREAKING: Rangkuman Generik (15 menit)

Setiap kelompok merangkum Bab 1 dalam bentuk iklan atau lagu singkat, terinspirasi dari video “Menjadi Indonesia”.

Inspirasi Lagu ↗

C. Penutup (5 menit)

Refleksi (3 menit)

Ajak murid mengevaluasi proses dengan pertanyaan reflektif. Minta setiap siswa mengisi laporan ringkas di Buku Kerja.

Tindak Lanjut & Doa (2 menit)

Berikan motivasi. Tegaskan tidak ada penilaian sumatif pada bab ini. Tutup dengan doa.

Tujuan Pembelajaran & Capaian

Landasan kompetensi dan pemahaman yang ingin dicapai.

🎯 Tujuan Pembelajaran

  • Membuat **perencanaan kerja kelompok** dengan baik dan efektif.
  • **Berkolaborasi dalam tim** untuk melaksanakan tugas dengan adil dan efisien.
  • **Mengomunikasikan hasil kerja** dengan presentasi dan visualisasi.

🌟 Pemahaman Bermakna

Keterampilan generik (kolaborasi, perencanaan, komunikasi) adalah kunci keberhasilan dalam pengembangan produk kompleks di era digital.

📜 Capaian Pembelajaran (CP)

Elemen Informatika dan Kemampuan Umum (IKU)

Peserta didik mampu mengenal berbagai bidang pengetahuan informatika dan memahami perannya dalam memecahkan masalah sehari-hari.

Elemen Berpikir Komputasional (BK)

Peserta didik mampu menerapkan strategi berpikir komputasional (logika, abstraksi, dekomposisi, algoritma) untuk memecahkan persoalan.

📊 Fokus Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Visualisasi ini menunjukkan dimensi yang paling ditekankan dalam modul ini, dinilai dari frekuensi penguatan pada setiap aktivitas.

Asesmen & Lampiran

Metode penilaian dan materi pendukung untuk siswa.

Metode Asesmen

Asesmen Diagnostik

Menggunakan Pertanyaan Pemantik di awal pelajaran untuk mengukur pengetahuan awal.

Asesmen Formatif

Observasi selama proses KBM dan penilaian hasil kerja LKS 1 & 2 untuk memberi masukan perbaikan. Tidak ada skor akhir.

Lampiran: Lembar Kerja Murid (LKM)

LKM 1: Berbagi Tugas dan Peran

Aktivitas GS-K10-01-U

Anggota Tugas Peran

LKM 2: Perencanaan Kegiatan

Aktivitas GS-K10-02-U

Aspek
Uraian
Deskripsi Umum Proyek
Tuliskan ringkasan proyek…
Tujuan Tugas
Tuliskan tujuan ringkas…
Hasil Tugas (Deliverable)
Jelaskan hasil yang jelas & terukur…
Waktu dan Tempat
Berapa lama dan di mana…
Tahapan/Langkah
Langkah umum dan runtut…

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar