Informatika – Bab 1
Alur aktivitas belajar mengajar selama 90 menit.
Pembukaan (2 menit)
Salam, kondisikan kelas, periksa kehadiran, sampaikan tujuan pembelajaran.
Apersepsi & Video Motivasi (5 menit)
Tayangkan video “The Power of Teamwork” dan kaitkan dengan pengembangan artefak komputasional (aplikasi kompleks).
Pertanyaan Pemantik (3 menit)
Ajukan pertanyaan: “Kapan terakhir kali bekerja dalam kelompok? Apakah ada kesepakatan sebelum mulai?”
Sesi 1: Kolaborasi (35 menit)
Memahami Informatika (15 menit)
Jelaskan ringkasan Informatika, Komputasi, dan relevansinya di era Industri 4.0, singgung konsep *Deep Learning*.
Pengantar Keterampilan Generik (5 menit)
Jelaskan fokus Bab 1 pada *generic skills* dan manfaat kerja kelompok.
Aktivitas GS-K10-01-U (15 menit)
Siswa berkelompok membuat pembagian tugas & peran untuk acara “pelantikan OSIS” menggunakan LKS 1.
Sesi 2: Perencanaan & Komunikasi (40 menit)
Memahami Perencanaan & Komunikasi (5 menit)
Jelaskan pentingnya perencanaan dan perkenalkan Presentasi serta Infografis.
Aktivitas GS-K10-02-U (20 menit)
Siswa memilih satu tugas (misal: maket komputer) dan mengisi instrumen perencanaan kegiatan (LKS 2).
ICE BREAKING: Rangkuman Generik (15 menit)
Setiap kelompok merangkum Bab 1 dalam bentuk iklan atau lagu singkat, terinspirasi dari video “Menjadi Indonesia”.
Refleksi (3 menit)
Ajak murid mengevaluasi proses dengan pertanyaan reflektif. Minta setiap siswa mengisi laporan ringkas di Buku Kerja.
Tindak Lanjut & Doa (2 menit)
Berikan motivasi. Tegaskan tidak ada penilaian sumatif pada bab ini. Tutup dengan doa.
Landasan kompetensi dan pemahaman yang ingin dicapai.
Keterampilan generik (kolaborasi, perencanaan, komunikasi) adalah kunci keberhasilan dalam pengembangan produk kompleks di era digital.
Elemen Informatika dan Kemampuan Umum (IKU)
Peserta didik mampu mengenal berbagai bidang pengetahuan informatika dan memahami perannya dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Elemen Berpikir Komputasional (BK)
Peserta didik mampu menerapkan strategi berpikir komputasional (logika, abstraksi, dekomposisi, algoritma) untuk memecahkan persoalan.
Visualisasi ini menunjukkan dimensi yang paling ditekankan dalam modul ini, dinilai dari frekuensi penguatan pada setiap aktivitas.
Metode penilaian dan materi pendukung untuk siswa.
Asesmen Diagnostik
Menggunakan Pertanyaan Pemantik di awal pelajaran untuk mengukur pengetahuan awal.
Asesmen Formatif
Observasi selama proses KBM dan penilaian hasil kerja LKS 1 & 2 untuk memberi masukan perbaikan. Tidak ada skor akhir.
LKM 1: Berbagi Tugas dan Peran
Aktivitas GS-K10-01-U
| Anggota | Tugas | Peran |
|---|---|---|
| … | … | … |
| … | … | … |
LKM 2: Perencanaan Kegiatan
Aktivitas GS-K10-02-U
Tinggalkan Komentar